• SMP NEGERI 2 WANAYASA
  • terdidik, berakhlak dan berbudaya

Profil

PROFIL SEKOLAH

  1. Karakteristik Sekolah

SMP Negeri 2 Wanayasa sebagai satuan pendidikan yang didirikan tgl 25 Juni tahun 2023 diangun dengan tujuan memberikan ruang dan kesempatan kepada masyarakat sekitar yan nota bene jauh dari kota dengan kondisi jalan pada awal pembangunan sangatlah rusak sehingga akses masyarakat untuk ke kota sangat sulit. maka pada zamannya SMP Negeri 2 Wanayasa menjadi sekolah yang menjadi tumpuan masyarakat sekitar dengan potensi wilayah/letak yang strategis di tengah perkotaan memiliki beberapa kekuatan diantaranya: 1) input peserta didik berasal dari keluarga mayoritas petani dg latar belakang pendidikan mayoritas hanya lulusan SMP; 2) kultur masyarakat yang bernuansa religious; 3) sarana pendukung layanan proses pembelajaran yang cukup memadai; 4) lingkungan yang tenang jauh dari kebisingan kota,sejuk, pada musim-musim tertentu diwarnai kabut dan suhu udara mencapai 10-150C; dan 6) letak sekolah strategis dekat dengan permukiman di pinggir jalan utama jalur antar desa. Selain kekuatan/ kelebihan sebagaimana tersebut di atas, SMP Negeri 2 Wanayasa juga mempunyai beberapa kelemahan yaitu: 1) sarana pendukung untuk pengembangan potensi/skill yang terbatas; dan 2) laboratorium IPA yang kurang representatif; namun hal tersebut tidak mengurangi semangat warga sekolah dalam belajar baik Guru maupun peserta didik.

 

  1. Profil SMP Negeri 2 Wanayasa

SMP Negeri 2 Wanayasa terletak di pedesaan di wilayah Desa Pandansari, Kecamatan Wanayasa.  Bagian belakang SMP Negeri 2 Wanayasa merupakan kebun salak milik masyarakat desa, samping berbatasan dengan perumahan penduduk, sisi kanan merupakan perkebunan masyarakat dan dibagian depan merupakan pemukiman warga dan jalan akses yang menghubungkan 3 desa yaitu Pandansari, Karangtengah, dan Pagergunung. Akses di SMP Negeri 2 Wanayasa keluar dan masuk hanya dari gerbang utama sehingga memudahkan pemantauan arus keluar dan masuk akan tetapi masih ada yang melalui  bagian belakang sekolah melewati kebun masyarakat yang sebenarnya pihak sekolah tidakmembuka akses jalan.

SMP Negeri 2 Wanayasa letak geografisnya berada di daerah pegunungan        35 Km sebelah utara Kota Banjarnegara dengan luas tanah 8.110 m2 berdasarkan Sertifikat Tanda Bukti Hak Pakai, Nomor 01/04/199 dan Nomor: 03/04/2002. Lahan yang  luas tersebut kondisinya bertingkat-tingkat dan miring sehingga letak bangunan di atas tanah yang rata yang mengakibatkan kesan tertata rapi. Sedangkan   di bagian kiri, kanan dan belakang merupakan tanah rawan longsor. Namun demikian sekolah memiliki lahan rata yang dapat  digunakan untuk kegiatan upacara bendera dan olahraga. 

Kelebihan  SMP Negeri 2 Wanayasa antara lain:

  1. Kondisi belajar mengajar tenang, tidak terganggu kebisingan jalan raya.
  2. Lokasi sekolah berdekatan denga pemukiman warga
  3. Kekeluargaan yang baik antara guru, karyawan, peserta didik, dan lingkungan.
  4. Penyelenggaraan ekstrakurikuler yang memiliki prestasi : sepak bola, bola voli, sepak takraw, PMR, Pramuka, karawitan, seni tari, BTQ, Tunas Bahasa ibu, Festival bahasa Indonesia, bahasa Inggris, OSN.

Jumlah rombongan belajar 6 dengan jumlah 176 siswa, dan didukung oleh 13 tenaga pendidik dengan kualifikasi pendidikan S1 serta jumlah tenaga kependidikan 5 orang.

 

  1. Karakteristik Konteks Sosial, Ekonomi, dan Budaya

SMP Negeri 2 Wanayasa berada pada daerah pinggiran kecamatan Wanayasa berbatasan dengan kecamatan Pagentan, dengan latar belakang sosial dan budaya yang religius kehidupan beragama yang baik, sikap dan perilaku masyarakat pedesaan yang masih patuh pada norma yang berlaku tercermin dengan masih tingginya semangat gotong royong, kepedulian terhadap sesama, dan sopan santun masih terjaga.

Kondisi masyarakat lingkungan sekolah sebagai masyarakat yang relatif memiliki wawasan yang kurang memadai. Mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani, sebagian kecil sebagai pedagang. Dengan demikian kondisi sosial Orang Tua peserta didik rata-rata menengah kebawah, namun tingkat kepedulian cukup terhadap pendidikan.

Kondisi Ekonomi yang demikian itu menimbulkan dampak bagi perkembangan pendidikan di SMP Negeri 2 Wanayasa

Penduduk sekitar lingkungan sekolah semua beragama islam yang hidup berdampingan satu sama lain sehingga terbina kerukunan sejahtera. Sekolah meyakini bahwa lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif dapat mendukung berkembangnya pengetahuan, mengasah keterampilan, serta membentuk sikap belajar yang baik dari siswa. Lingkungan Sekolah dirancang sesuai dengan tujuan pendidikan yang dapat dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar. Pendampingan aktif dari guru-guru dilakukan saat siswa berinteraksi untuk memastikan proses sosialisasi siswa berjalan sesuai yang diharapkan.

SMP Negeri 2 Wanayasa meyakini bahwa literasi merupakan kebutuhan dasar dalam belajar dan berkomunikasi. Keterampilan ini akan berkembang maksimal apabila siswa berada dalam lingkungan belajar yang literat (literate environment). Untuk mewujudkan hal ini, sekolah memperkaya lingkungannya dengan berbagai perangkat literasi yang dapat ditemukan siswa di dalam maupun di luar kelas. Lingkungan sekolah memiliki beragam permainan tradisional, sarpras APE dan tanaman mulai dari tanaman buah, hias, dan apotek hidup yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar peserta didik.

  • SMP Negeri 2 Wanayasa memiliki peluang berkembang cukup besar karena letak geografisnya yang strategis. Meskipun lokasi sekolah berada di kawasan yang tidak mudah dijangkau angkutan umum namun keadaan lingkungan yang tenang dan nyaman. Dibalik itu semua ancaman yang bersumber dari pergeseran nilai budaya yakni adanya kecenderungan sikap hidup metropolis yang mulai melanda kehidupan peserta didik, menirukan perilaku masyarakat yang tidak jelas latar belakangnya. Oleh karena itu, kegiatan pembentukan budi pekerti dan melestarikan seni budaya tradisional harus dioptimalkan melalui kegiatan pengembangan diri. Menyikapi kondisi ini, SMP Negeri 2 Wanayasa melakukan upaya nyata berupa peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, melengkapi sarana dan prasarana, menjalin kerja sama yang harmonis dengan orang tua peserta didik/wali peserta didik dan mengadakan kegiatan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan masyarakat

 

  1. Karakteristik Peserta Didik

Latar belakang pendidikan orang tua, sosial ekonomi, lingkungan tempat tinggal peserta didik SMP Negeri 2 Wanayasa mayoritas adl petani dengan lahan sendiri, karena kondisi alam di lingkungan sekolah merupakan pegunungan dan jauh dari pusat keramaian serta tidak adanya angkutan umum, maka Sebagian besar pesdik bernagkat dan pulang Sebagian diantar dengan oelh orang tua dan Sebagian berjalan kaki dengan jarak tempuh 1-2 km. Hal ini sangat melatar belakangi karakteristik peserta didik, dengan latar belakang tersebut secara umum karakteristik peserta didik di SMP      Negeri 2 Wanayasa sebagai berikut:

  1. Mampu dan mau mengikuti aturan dan kegiatan sekolah
  2. Kemauan belajar cukup
  3. Memahami dan mampu bersikap terhadap keberadaan peserta didik berkebutuhan khusus
  4. Semangat dalam mengikuti kegiatan sekolah dan ekstrakurikuler
  5. Bersedia meluangkan waktu melaksanakan kegiatan diluar waktu kegiatan belajar mengajar.
  6. Kehidupan beragama yang baik dan jujur

Setiap anak adalah unik. Mereka memiliki kemampuan dan pengalaman belajar yang tidak sama. Sebagian anak memiliki potensi di area akademik, namun tidak sedikit juga anak yang masih perlu dikembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka. Masing-masing anak memiliki potensi dan minat yang berbeda. Sekolah terus berupaya memfasilitasi kebutuhan mereka dengan menyiapkan program pengembangan potensi dan minat mereka. Dengan demikian, program yang dirancang memerhatikan aspek mengembangkan semua dimensi sehingga tidak hanya kemampuan akademik, tetapi juga fisik, emosional, spiritual, 4K (Kritis, Kreatif, Komunikatif, Kolaborasi), aspek kecerdasan lainnya secara holistik dan seimbang melalui Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills, karakter dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai payung besar

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

A.   Visi Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh SMP Negeri 2 Wanayasa, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merup

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 178 kali